// //

Puncak B29 Lumajang

Puncak B29 ini terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Lumajang. Puncak B29 berarti Bukit yang letaknya 2900 meter di atas permukaan laut (mdpl). Berarti 500 meter lebih tinggi dari Ranu Kumbolo atau 1676 meter lebih rendah dari Puncak Mahameru.

Penduduk setempat di Desa Argosari adalah masyarakat asli suku Tengger. Mereka menyebut Puncak B29 sebagai “Gunung Songo Likur (Gunung Duapuluh Sembilan)”. Puncak B29 ini adalah salah satu wisata alam Lumajang yang semakin gencar dikenal publik. Khususnya para traveler Indonesia. Kepopuleran destinasi wisata Puncak B29 tepat setelah destinasi wisata Mahameru dan Ranukombolo. Keduanya masih dalam naungan Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

source: wisatasenibudaya.com
Karena tempatnya di dataran tinggi itulah maka Puncak B29 juga dikenal sebagai “Negeri Di Atas Awan”. Tentu karena disana traveler bisa menikmati indahnya bentang awan putih. Megahnya sunrise maupun sunset yang dibungkus hawa dingin antara 5-10 derajat celcius. Pun dari Puncak B29 inilah traveler juga punya kesempatan menikmati agungnya gunung Bromo. Gunung yang dianggap suci oleh orang-orang suku Tengger. Itu semua bisa terjadi jika cuaca tidak mendung. Tapi, jika cuaca mendung maka semua panorama yang indah itu akan tertutup kabut.

Rute ke Puncak B29

Jarak pusat Kota Lumajang ke Desa Argosari, Kecamatan Senduro, sekitar 17 kilometer. Ketika sudah tiba di Lumajang, kebanyakan traveler bingung jalan menuju Desa Argosari – Kecamatan Senduro. Banyak sekali rombongan traveler yang bertanya kepada warga setempat. Khususnya saat sampai di perempatan besar (perempatan Klojen) terakhir pusat kota. Bahkan dari perempatan Klojn itu, ada yang pernah nyasar kelewatan ke arah menuju Malang Selatan.

Perjalanan ke Desa Argosari ini memang persis rasanya seperti saat traveler biasanya menjelajah rute menuju pos pusat saat ke gunung. Dari pusat kota, lambat laun melewati desa-desa, menikmati rindangnya hutan, hingga nanti puncaknya ke pemukiman masyarakat suku Tengger.

source: budiphotography
Setelah sampai di Desa Argosari, traveler akan banyak mendapat tawaran ojek. Tentu saja bebas pilihan Bisa naik ojek atau kendaraan sendiri. Tapi lebih baik, saran kami, naik ojek saja. Karena motor pengojek disana sudah disetel untuk berkendara ke Puncak B29. Banyak kejadian kalau memakai motor sendiri rawan mogok, ban bocor, dll. Kan jadi repot sendiri nantinya. Hehehe. Semua perjalanan akan sangat berkesan. Terutama jika dipungkasi dengan kenikmatan yang didapatkan saat menikmati paronama di Puncak B29. Nah untuk itu, semua akan lebih sempurna jika traveler sudah berada di Puncak B29 maksimal sebelum pukul 05.00. Kalau sudah begitu, izin Tuhan, satu keindahan Puncak B29 pun takkan terlewatkan.

Disini tugas B29Lumajang.com siap membantu. Kami menyediakan pelayanan secara professional. Berikut pilihan paket wisatanya KLIK DISINI !